8 Fakta Cara Menghack Kerja Otak Dan Tubuh

Umumnya, rata-rata manusia beristirahat dengan tidur selama 8-9 jam perhari. Namun ditemukan satu metode dimana manusia hanya perlu waktu 3 jam sehari untuk melakukan aktifitas pasif di atas ranjang tersebut. Bagaimana mungkin?

Dinamakan 'Jadwal Tidur Uberman' (beberapa menyebutnya Metode Tidur Polyphasic) merupakan sebuah metode dalam mengatur waktu tidur Anda untuk memaksimalkan fase REM dan meminimalkan fase non-REM saat tertidur. Tujuan dari jadwal ini adalah membuat Anda memasuki fase REM beberapa menit setelah Anda tidur dan membuat Anda tetap dalam fase tersebut sampai terbangun.

Sebelum Anda melaksanakan metode ini, ada baiknya Anda mengetahui latar belakang tidur dan kebutuhan tubuh akan fase REM. (kpl/nrs)

1. Apakah itu REM?



REM (Rapid Eye Movement) merupakan waktu paling efektif yang dapat membuat kita merasa nyenyak dan benar-benar beristirahat saat kita tertidur. Selama fase ini, tubuh dan otak tidak saling berhubungan sehingga tubuh akan benar-benar istirahat total tanpa ada gangguan sinyal perintah dari otak.

2. Level-Level Tidur



Tidur pada umumnya terbagi menjadi 5 level, level pertama terjadi di 5-10 menit pertama kita tertidur, level di mana kita kehilangan separuh dari kesadaran kita. Level kedua mempersiapkan tubuh kita memasuki tidur nyenyak, jantung berdetak lebih lambat dan suhu badan merendah. Level 3 dan level 4, merupakan fase tidur nyenyak, di mana level 4 lebih intense. Level 1-4 ini membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit. Setelah itu, tidur akan memasuki level 5, fase di mana kondisi REM dimulai. Fase inilah yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Namun, trik 'Jadwal Tidur Uberman' bisa membuat tubuh dan otak Anda memasuki fase REM segera setelah Anda tertidur.

3. Penjadwalan Tidur



Pada awal mulanya, 'Jadwal Tidur Uberman' memaksa Anda untuk tidur hanya dalam waktu sekitar 30 menit dalam setiap 4 jam sepanjang hari. Sebagai contoh, tidurlah pukul 20.00, set alarm anda 20.30, bangun dari tidur Anda, lakukan aktifitas yang Anda inginkan, tidur lagi pukul 00.00, set alarm pukul 00.30 dan seterusnya.

Tentu saja, jadwal ini mungkin terlihat aneh dan mustahil dilakukan oleh pegawai kantoran biasa atau penjaga toko swalayan yang bakal diberikan Surat Peringatan jika ketahuan oleh bos mereka. Namun hal ini cukup berguna bagi beberapa orang yang tidak ingin 1/3 waktu hidupnya dibuang begitu saja di atas ranjang. Di atas ranjang di sini maksud saya adalah tidur.

4. Bagaimana Caranya?



Anda dapat melaksanakan hal tersebut hanya dengan satu cara, yaitu merampas fase REM dalam beberapa hari pertama dengan metode yang sudah dijelaskan sebelumnya. Segera setelah Anda melakukan metode ini di hari pertama, tubuh Anda tidak akan merasakan fase REM di hari-hari pertama yang pastinya akan menyiksa otak sekaligus tubuh Anda yang membutuhkan istirahat lebih.

Namun jika Anda melakukan metode ini secara teratur, dalam 3 hari atau paling lama 10 hari, Anda akan merasakan efek yang Anda inginkan. Yaitu memasuki fase REM segera setelah anda tertidur dan tetap berada di fase itu sampai Anda terbangun.

5. Tips dan Trik



  1. Lakukan metode ini saat Anda memiliki beberapa hari yang benar-benar Anda miliki. Tidak disaat hari-hari sibuk saat Anda diharuskan untuk bekerja. Kecuali jika Anda ingin terlihat sebagai sesosok zombie di kantor Anda selama beberapa hari.
  2. Gunakan trik psikologis pada tubuh Anda agar lebih cepat beradaptasi dengan metode ini. Alarm dan musik metal dapat membantu Anda untuk segera terbangun sesuai jadwal.
  3. Makan makanan bergizi tinggi seperti sayuran dan jus apel/jeruk dengan volume cukup banyak untuk mendukung hari-hari pertama Anda dalam menjalankan metode ini.

6. Keuntungan



Setelah beberapa hari yang berat tersebut, tubuh Anda akan terbiasa untuk terbangun setelah tidur 30 menit. Anda pun bisa tidur selama 30 menit pada jam istirahat kantor dan tidak mengalami kesulitan untuk bangun tidur setelahnya.

Keuntungan paling utama dalam metode ini adalah waktu. Waktu yang saya maksudkan adalah waktu dimana Anda tidak menyia-nyiakannya untuk fase tidur non-REM tadi. Dan bisa Anda gunakan untuk melakukan aktifitas penting Anda lainnya, atau untuk Anda sia-siakan dengan kegiatan tidak penting lainnya, selain tidur.

Keuntungan lain dari metode ini, tubuh Anda akan terasa segar setiap saat. Apabila Anda melakukan metode ini secara rutin dan teratur, kebutuhan tubuh dan otak Anda akan fase REM akan selalu terpenuhi setiap harinya. Bahkan lebih banyak daripada saat Anda tidur secara normal.

7. Efek Samping



Ketika Anda diharuskan terjaga selama lebih dari emat jam tanpa tidur selama 30 menit, energi dan konsentrasi Anda akan serasa menghilang dalam waktu sekejap dan Anda akan merasa mengantuk. Hal ini bisa mempengaruhi kegiatan sosial Anda.

Setelah terbangun dari tidur normal, saya yakin Anda akan samar-samar mengingat apa yang terjadi dalam mimpi Anda. Namun mimpi dalam tidur sesuai metode ini akan terasa nyata dan Anda dapat mengingat detail mimpi itu.

8. Penelitian Ahli Kesehatan



Bahaya dari metode 'Jadwal Tidur Uberman' sampai saat ini belum pernah dipaparkan secara resmi oleh para ahli kedokteran. Seorang dokter bernama Dr. Claudio Stampi bahkan pernah meneliti metode ini. Anda dapat melihat kesimpulan dari penelitian terhadap metode ini di akhir video.



Berani mencoba?

Sumber